Press "Enter" to skip to content

Gula Stevia, Benarkah Aman untuk Penderita Diabetes

Sewaktu main ke toko sahabat saya, saya mendapatkan informasi baru tentang adanya produk yang sedang trend saat ini. Produknya adalah gula stevia. Sugarleaf

 

Memang pernah kira – kira setahun lalu saat main ke bumi langit foundation di Imogiri Bantul saya diberitahu oleh mas salas yang waktu itu menemani kami keliling bumi langit.

Ketika melewati bagian terakhir setelah area peternakan sapi, kami lewat di rimbunan tanaman. Mas Salas yang merupakan pemandu informatif menunjukkan pada kami sebuah tanaman yang manisnya ratusan kali manis gula katanya. Tanaman ini pertama saya tebak dari bentuknya seperti tanaman mint. Lagi – lagi salah….yang saya kira mint ternyata tanaman menthol. Tanaman mint dan tanaman menthol itu beda lho….

Balik lagi, kami ditunjukkan tanaman yang daunnya manis banget. Penasaran, maka saya pun mencoba ambil sepucuk kecil daun stevia dan kemudian langsung saya kunyah…..dan Ya Allah….daun ini maniiiiiis banget.

Daun stevia ternyata banyak diminati sekarang ini. Tanpa kalori sehingga merupakan alternatif pemanis alami yang sehat terutama untuk orang – orang yang harus membatasi asupan gula seperti penderita kencing manis.

Penderita kencing manis atau diabetes dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu diabetes tipe 1 yang tergantung insulin. Dan kedua diabetes tipe 2 yang tidak tergantung insulin. Pada penderita diabetes tipe 1 memang sejak awal ada gangguan dalam proses produksi insulin di tubuhnya. Jadi pasien ini mutlak mendapatkan suntikan insulin rutin harian untuk menopang metabolisme gula di tubuhnya.

Sementara diabetes tipe kedua bisa disebabkan banyak faktor, sering disebutkan bahwa penyebabnya multifaktorial. Penyebab diabetes mellitus tipe dua hampir sebagian besar berupa faktor risiko gaya hidup atau life style. Faktor keturunan bisa juga berperaj tapi hanya menyumbang sekitar 20 persen. Selebihnya kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti kurang aktivitas fisik, diet tionggi gula, garam dan lemak.

Pada orang yang sudah menderita diabetes, kemampuan tubuh dalam mengolah dan mencerna gula sudah dibawah separo kemampuan orang sehat normal. Nahh, salah satu hal yang harus dilakukan adalah restriksi atau pembatasan asupan gula dalam makanan sehari – hari. Diutamakan gula yang rantainya pendek. Juga makanan yang mempunyai indeks glikemik tionggi harus dibatasi asupannya.

Disinilah letak stevia bisa berperan dalam membantu penderita diabetes mengelola kadar gula darahnya. Stevia sebagai daun yang memiliki rasa manis luar biasa di satu sisi, dan disisi lain stevia bisa dibilang mengandung nol kalori. Hal ini sedikit banyak membantu memuaskan rasa manis pada lidah penderita diabetes tanpa membebani tubuh dengan gula / kalori untuk diproses.

Anda mempunyai saudara atau teman dengan penyakit diabetes ? Share info ini

Atau Anda penderita diabetes ? Maka gula dari daun stevia layak Anda coba 🙂

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *