Press "Enter" to skip to content

Hipertensi…Peningkatan Tekanan Darah yang Bisa Menjadi Silent Killer

Pada tulisan kali ini jenis mencoba bercerita tentang hipertensi atau yang sering kita sebut dengan darah tinggi. Yang terjadi pada penderita hipertensi adalah tekanan darah meningkat diatas nilai normal yaitu untuk sistol mencapai 140 dan diastol mencapai 90 atau lebih

Ketika pertama kali diperiksa dan tekanan darah Anda termasuk Diatas Normal ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, juga beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Hipertensi

Apa yang perlu diketahui
1. Hipertensi sering tidak bergejala. Maka anda perlu mengecek tekanan darah anda Bahkan saat anda merasa sehat. Dimana ? bisa dilakukan di Puskesmas, posyandu, apotek ataupun klinik praktek swasta
2. Hipertensi dapat menyebabkan serangan jantung, penyakit ginjal dan gangguan mata. Maka anda perlu menjaga agar tekanan darah Anda sesuai target.
3. Hipertensi dapat diobati. Anda perlu minum obat sesuai petunjuk petugas kesehatan
4. Hipertensi memerlukan pengobatan jangka panjang. Anda perlu mendapatkan obat secara rutin, sebelum obat dirumah habis anda harus mengambil obat, bisa di puskesmas klinik atau apotek.
5. Anda dapat memperoleh obat hipertensi secara gratis. Ketika anda sudah terjamin dalam BPJS maka obat hipertensi bisa anda dapatkan secara gratis di fasilitas kesehatan terkait.

Apa yang perlu dilakukan ketika tekanan darah Anda tinggi. Tindakan-tindakan yang bisa di ambil untuk mengontrol tekanan darah anda. Pertama Anda harus mempunyai target. Dibantu oleh petugas kesehatan anda Tentukan target tekanan darah yang optimal. Petugas kesehatan akan mensetting kan tekanan darah normal untuk Anda misalnya 130 atau 120 untuk sistolnya. Untuk diastole ringan dibawah 90.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan.
1. Jika target tekanan darah sudah tercapai, anda tinggal melanjutkan pengobatan dan kontrol tekanan darah secara berkala.
2 jika target tekanan darah belum tercapai maka ada beberapa hal yang harus anda ambil yaitu minum obat secara teratur dan mengubah gaya hidup. Obat hipertensi diminum setiap hari, minum pada jam yang sama tiap hari, lanjutkan minum obat meski sudah merasa membaik, dan tidak lupa tanyakan pada petugas kesehatan tentang obat anda. Perubahan gaya hidup yang harus diambil meliputi menjaga berat badan tetap ideal, menentramkan hati dan pikiran, olahraga teratur, makan makanan yang sehat yaitu rendah garam, rendah lemak rendah gula dan banyak serat. Serta berhenti merokok.
3. Jika dengan minum obat dan perubahan gaya hidup target tekanan darah anda sudah tercapai maka lanjutkan pengobatan dan kontrol tekanan darah secara berkala.
Jika dengan minum obat dan perubahan gaya hidup target tekanan darah tetap belum tercapai maka ada beberapa evaluasi yang harus dilakukan. Instruksi Apakah anda minum obat seperti saran petugas kesehatan, dan apakah pengobatan anda lakukan secara kontinyu, apakah Anda masih punya obat di rumah.
4. Jika anda sudah minum obat sesuai saran dan rutin minum obat setiap hari sesuai anjuran maka perlu minta saran lanjut dari petugas kesehatan.
5. Jika anda belum minum obat seperti saran petugas kesehatan ya wajar saja jika tekanan darah Anda belum terkontrol. Maka yang harus anda lakukan adalah minum obat Anda sesuai saran petugas kesehatan dan minta bantuan untuk mendapatkan obat.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *